6.998 PKH Disalurkan Non Tunai

6.998 PKH Disalurkan Non Tunai

\"Sebanyak

TAIS, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 6.998 keluarga penerima program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Seluma, bakal menerima dana santunan PKH periode triwulan kedua. Penyaluran PKH kali ini berbeda dengan 2016. Bila pada 2016 disalurkan secara tunai melalui kantor pos dan diserahkan kepada penerima. Tahun ini disalurkan secara non tunai, melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) oleh Kementrian Sosial kepada seluruh masyarakat penerima. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma Drs Julian Zuherwan MSi kepada BE kemarin (23/7) menuturkan, “Selama setahun setiap keluarga penerima PKH mendapatkan dana sebesar Rp 1,85 juta. Dana itu dicairkan dalam empat tahapan kepada para penerimanya.” Kementrian Sosial menyerahkan kartu kepada penerima PKH. Kartu tersebut dibawa sebagai bukti ke bank terdekat untuk pencairannya.

“Penerima PKH membuka rekening di BRI. Penerima PKH tinggal mengambil kartu. Kemudian bisa langsung mencairkannnya,” tegasnya. Jumlah penerima PKH tahun ini mengalami pengurangan dari 2016, sebanyak 7.038 keluarga. Pengurangan ini karena ada keluarga yang dianggap sudah tidak layak lagi. Yakni sudah tidak ada anak sekolah di dalam keluarganya. Kemudian sudah pindah, atau kehidupannya sudah sejahtera sehingga tidak layak lagi menerima PKH.

“Untuk pencairan tahun 2017 ini, Kepala Dinas Sosial mengatakan masih menunggu konfirmasi dari Kementrian Sosial.”sampainya. Sementara itu, untuk penerima PKH yang didalam keluarganya terdapat anggota lansia, atau juga penyandang disabilitas, kemensos memberikan tambahan bantuan sebesar Rp 2 juta. Bantuan ini diharapkan bisa membantu keluarga yang belum sejahtera ini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak mereka.(333)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: